Terkadang, liburan rame-rame itu tidak menyenangkan. Ada saatnya Anda ingin menikmati waktu sendirian di sebuah tempat asing yang mana tidak seorang pun mengenal Anda. Nah, jika Anda berniat melakukan solo traveling, maka ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini. Pasalnya, ada tips khusus untuk Anda yang ingin mencoba solo traveling tapi takut diganggu orang jahil selama perjalanan. Yuk, disimak.

Tips Solo Traveling Yang Aman

Anda yang belum pernah mencoba solo traveling mungkin akan berpikir jika jenis liburan ini sama sekali tidak menyenangkan. Eits… jangan salah. Rupanya, banyak orang yang ketagihan akan liburan sendirian lho. Pasalnya, Anda bebas ingin kemana saja, melakukan apa saja, dan berbagai hal lainnya tanpa harus menjalin kesepakatan dulu dengan teman perjalanan Anda.

Bagi Anda yang tengah ingin mencoba perjalanan ini, berikut ada tips yang bisa diikuti, antara lain :

  • Sebelum Berangkat, Periksa Kembali Tiket, Penginapan, dan Lainnya

Tips pertama untuk solo traveler, Anda harus memeriksa kembali tiket alias jadwal check in pesawat, jadwal inap hotel, dan juga berbagai persiapan lainnya. pastikan semuanya sudah terjalankan sesuai jadwal. Selain itu, periksa juga barang bawaan Anda dan pastikan tidak ada yang tertinggal atau kelupaan.

  • Coba Buka Couchsurfing

Mumpung menjadi solo traveler, maka tidak ada salahnya Anda mencoba couchsurfing. Bagi yang belum tahu, situs ini adalah tempat dimana Anda bisa menemukan banyak rumah untuk singgah bagi para traveler dunia. Selain aman, situs ini juga akan membawa Anda ke penginapan gratis dan bertemu banyak warga lokal dari tempat tersebut. Namun bagi Anda yang tidak nyaman, menginap di hotel bisa menjadi pilihan.

  • Keliling Kota Saat Siang Hari

Lantaran Anda berwisata sendirian, maka ada baiknya Anda berkeliling ke berbagai tempat wisata saat siang hari saja. Di suasana yang terang tersebut, Anda bisa lebih waspada akan tindak kejahatan yang mungkin terjadi. Selain itu, berwisata kala siang hari juga lebih mudah jika ingin cari makan, cari transportasi umum, atau cari keperluan-keperluan mendadak lainnya.

  • Selalu Bawa Uang Cadangan

Terakhir, Anda yang mungkin tidak punya kenalan siapa-siapa di kota tersebut harus memiliki uang cadangan. Entah Anda membawanya dalam bentuk cash atau menyimpannya di ATM, dana darurat ini bisa Anda gunakan di kala-kala urgent yang mana tidak memungkinkan Anda untuk meminta bantuan orang tidak dikenal.

Demikian ulasan mengenai tips solo traveling. Semoga bermanfaat.